Kosong

Capaian UPT. PERPUSTAKAAN UNM

Capaian UPT. PERPUSTAKAAN UNM

Perkembangan UPT. Perpustakaan Universias Negeri Makassar (UNM) telah sejalan dengan perkembangan kebutuhan informasi bahan pustaka yang cenderung berbasis Information and communications technology (ICT). Perpustakaan UNM dengan Slogan “Serving for Better education” memiliki Visi  “ Menjadi pusat informasi, edukasi, riset dan publikasi yang modern dengan pelayanan terbaik dan professional”.

Sejak tahun 2015 UPT. Perpustakaan UNM telah memiliki dan menyediakan pelayanan akses bebas untuk jurnal dan buku teks internasional secara online atau elektronik. Layanan ini dapat diakses lewat laman http://perpustakaan.unm.ac.id/e-journal/. Dengan dana BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) Kemenristekdikti, UPT. Perpustakaan telah membeli bahan pustaka elektronik dari Emerald Group Publishing sebanyak 484 judul untuk jurnal internasional dan sebanyak 155 judul buku seri dari berbagai area subjek (lihat tautan UPT. Perpustakaan dalam table dan grafik). Kerjasama juga dibangun dalam akses pustaka dengan Ebscohost sehingga memungkinkan akses jurnal internasional dengan jumlah judul sebanyak 5500 pada area subjek Computers & Applied Sciences, Engineering, Agribusiness, Crop Science, Food Engineering & Sustainable Development (lihat tautan UPT. Perpustakaan dalam table dan grafik).

Jumlah koleksi buku cetak di Perpustakaan Pusat UNM juga telah mengalami pembaharuan baik dari segi kuantitas dan kualitas. koleksi buku terbitas tahun 1990 telah dikeluarkan (penyiangan), dan beberapa telah digantikan dengan buku baru lewat pengadaan buku dana BOPTN tahun 2014 dan tahun 2015. Data OPAC (online public access catalog) Perpustakaan UNM saat ini memiliki jumlah koleksi buku sebanyak 8256 judul buku dengan jumlah eksamplar 18465 buah, walau mengalami penurunan kuantitas sekitar 10000 buah buku, namun rata rata koleksi buku saat ini merupakan terbitan tahun 2005-an. Jumlah koleksi karya ilmiah (skripsi, thesis, dan disertasi) sebanyak 5595 buah (lihat tautan UPT. Perpustakaan dalam table dan grafik).

Laman portal Perpustakaan UNM http://perpustakaan.unm.ac.id/ telah menyediakan fasilitas layanan e-jurnal, Digital Library http://digilib.unm.ac.id/, online jurnal sistem UNM http://ojs.unm.ac.id/, OPAC http://opac.unm.ac.id/. dan eprint (Repository) http://eprints.unm.ac.id/. Pada 22 Desember 2015, Perpustakaan UNM untuk pertama kalinya telah terakreditasi dengan kategori “ C “ oleh Perpustakaan Nasional dengan nomer sertifikat 15/1/ee/XII/2015, meskipun dengan kategori “C” namun hal ini dapat menjelaskan bahwa Perpustakaan UNM telah memiliki indikator pelayanan yang cukup baik.

Perpustakaan UNM juga memiliki fasilitas ruang khusus untuk kajian budaya dan studi spesifik seperti

1. Warung Prancis,

Kerjasama dengan Institut Prancis di Indonesia (IFI), menyediakan buku-buku, CD, DVD, serta majalah Prancis dan juga informasi beasiswa di Prancis. Kegiatan yang telah dilaksanakan Pameran Pendidikan, Pemutaran Film, Diskusi Buku, dan Kursus Bahasa Prancis. Warung Prancis menyiapkan agenda pemutaran film yang bersumber dari Institut Prancis di Indonesia (IFI). Selain itu ada beberapa buku yang telah didiskusikan seperti Little Prince (Antonie), Orang Asing (Albert Camus), Orang Lugu (Voltaire) yang merupakan penulis-penulis yang berasal dari Prancis. Pada perayaan ulang tahun pertama Warung Prancis UNM, kegiatan ini dirangkaikan dengan Pameran Pendidikan. Pada kegiatan tersebut terdapat diskusi dan launching buku, serta pemutaran Film

2. India Corner,

Kerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia juga menyediakan buku-buku, CD, DVD. Diskusi budaya dan Film India.

3. BI (Bank Indonesia) Corner,

Kerjasama dengan Bank Indonesia memfasilitasi buku-buku ekonomi baik Makro dan Mikro, serta perkembangan dan fungsi BI.

Saat ini Perpustaakan UNM juga telah dilengkapi dengan ruang-ruang yang cukup ideal dalam menelusuri bahan pustaka buku/jurnal/majalah/karya ilmiah, dengan penambahan 15 unit komputer baru memungkinkan mahasiswa mengakses informasi yang mereka butuhkan lewat fasilitas jaringan wifi yang tersedia dari lantai 1 hingga lantai 3.

 

Grafik 1. Jumlah jurnal dan buku teks internasional yang dilanggan UNM dari Emerald Group Publishing.

 

Grafik 2. Jumlah jurnal internasional yang dapat diakses dari Ebscohost Publishing

 

Grafik 3. Jumlah koleksi buku cetak pada Perpustakaan UNM

LAYANAN PERPUSTAKAAN UNM

JURNAL UNM

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

OPAC

E-JOURNAL & E-BOOK

DIGILIB

EPRINT

Jl. Raya Pendidikan Makassar (90222), Sulawesi Selatan, Indonesia

Telp./Fax.: (0411) 869854.
E-Mail: perpustakaan@unm.ac.idAlamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Contact Person:

+6281 354 743230

Pengunjung

31248
TodayToday75
YesterdayYesterday133
This_WeekThis_Week792
This_MonthThis_Month2613
All_DaysAll_Days31248

Video Profile

 

Gale Dikti